4/19/2014

Makanan Khas Gorontalo - Binthe Biluhuta

Binthe Biluhuta

images8Binthe Biluhuta merupakan makanan khas Gorontalo yang ada sejak masa lampau. Makanan ini diwariskan secara turun temurun oleh teteua Gorontalo. Pada masyarakat Gorontalo, Binthe Biluhuta atau yang sering dikenal dengan sebutan “milu siram” merupakan makanan yang sangat unik. Sebenarnya, bicara masakan khas Gorontalo, tidak sebatas pada binthe biluhuta atau milu siram saja, karena banyak makanan khas Gorontalo, yang perlu dikenal secra luas, tetapi mungkin yang lebih fokus ke binthe biluhuta saja.
Kita coba analisa kata “binthe biluhuta,” binthe artinya jagung, biluhuta artinya disiram atau siraman, dalam analisa luas, artinya jagung siram atau lebih popuoler dimayarakat Gorontalo dan sulawesi utara adalah milu siram. Makanan ini berbahan dasar jagung dan beberapa rempah-rempah sebagai penyedap.
Bagi masyarakat Gorontalo, makanan ini bukanlah makanan yang asing, tetepi makanan ini merupakan salah satu daftar makanan yang paling digemari di Gorontalo. Dibeberapa daerah, mungkin jagung bakar atau rebus merupakan makanan camilan malam, tetapi di Gorontalo jika sudah dibuat milu siram, bukan lagi sebagai camilan melainkan termasuk makanan pokok.
Tentang makanan ini, tentu saja ada yang bertanya, jika binthe biluhuta merupakan makanan khas maka pasti cara membuatnya pun sangat mudah. Ya, benar cara membuatnya pun muda dan bahan dasarnya pun gampang didapat apalagi didaerah yang memiliki lahan jagung seperti Gorontalo.
Kami mengutip beberapa informasi tentang tata cara membuat makanan binthe biluhuta, dari salah satu website semoga bisa membantu anda sebagai referensi untuk lebih mengenal Gorontalo, ini caranya yang saya kutip melalui blog Alfian
Resep Masakan-Resep Masakan Gorontalo Binthe Biluhuta (Milu Siram)
images9Bahan bahan yang harus disediakan (Resep Milu Siram)
Bahan :
5 bonggol Jagung Segar
Ikan cakalang / Tuna / Tenggiri
Udang kecil segar
10 bh cabe rawit (banyak terserah yg suka pedes yaa)
10 bawang merah di iris kasar..
3 bh jeruk lemon / nipis
2 batang bawang daun , daun kemangi secukupnya.
Kelapa parut segar dari 1 buah kelapa
Kemudian Cara Membuat Milu Siram :
1. Ikan dibakar kemudian dicabik-cabik kecil.
2. Jagung dipipil kemudian direbus.
3. Bawang daun dan daun kemangi iris halus.
4. Iris-iris kasar cabe merah, bawang merah, bawang daun, dan daun kemangi.
5. Masukkan cabe rawit, bawang merah, bawang daun, daun kemangi, jeruk lemon, udang kecil dan parut kelapa.
6. Campurkan ikan yang sudah dicabik-cabik dengan bumbu yang lain.
7. Masukkan parutan kelapa ke dalam campuran bahan lain.
8. Tambahkan sedikit garam sesuai selera.
9. Siap dihidangkan.
Semoga referensi ini bisa membantu anda lebih dekat dengan Gorontalo. Sebagai informasi, makanan Binthe Biluhuta tidak saja digemari oleh masyarakat Gorontalo, melainkan digemari oleh orang-orang yang berkunjung ke Gorontalo, saking digemari, makanan binthe biluhuta diabadikan dalam lagu daerah Gorontalo dan tarian kreasi budaya Gorontalo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar