Keajaiban Ucapan Terima Kasih
Keajaiban ucapan terima kasih sungguh luar biasa dahsyat dalam hidup
manusia. Sedemikian pentingnya ucapan terima kasih hingga sebagian
perusahaan profesional selalu mewajibkan para karyawan agar membiasakan
diri untuk mengucapkan terima kasih. Ucapan yang terdiri dari dua kata
ini bukanlah sembarang ucapan, tetapi telah menjadi kekuatan hebat
dibalik kejayaan produk dan branding mereka di pasar. Tradisi
mengucapkan terima kasih juga kita temui pada hotel berbintang, bank
bank nasional, dan perusahaan yang punya orientasi untuk meraup
keuntungan. Jika anda berpergian dengan naik pesawat terbang, maka para
pramugari tak henti hentinya melayani dan mengucapkan terima kasih
kepada anda. Mari kita cek dua kata yang luar biasa dahsyat ini. Terima
dan kasih. Siapapun yang telah terbiasa mengucapkan kata terima kasih,
maka mentalnya akan terlatih untuk peduli kepada orang lain. Sementara
orang yang tak pernah tahu berterima kasih maka hatinya keras, egois,
dan kurang peduli pada sesama. Bukankah anda juga merasa senang ketika
ada orang mengucapkan rasa terima kasih ketika anda baru menolong dan
melayaninya, dan akan sedikit kecewa ketika mati matian memberikan
pertolongan tapi tak mendapat balasan walau itu hanya sebatas ucapan
terima kasih? Manusia, dimanapun ia berada adalah makhluk yang bisa
menilai kelemahan sesamanya, ia kurang suka ketika pengorbanannya tidak
dihargai, prestasinya tak pernah dinilai, dan keberadaanya tidak
dianggap? Para pemilik perusahaan sangat menyadari siapa mereka, mereka
tak akan punya kemampuan apa apa ketika tak memiliki pelanggan yang
cinta kepada produknya, mereka akan cepat mati saat konsumen berubah
jadi membenci produknya. Rasa terima kasih yang ditekankan oleh
perusahaan adalah dalam rangka membangun ikatan emosional atas
pengorbanan yang dilakukan oleh pelanggan. Bagi perusahaan, pelanggan
adalah orang orang yang menjadi perantara datangnya rizki, sehingga
sudah selayaknya mereka membina hubungan yang lebih manusiawi. Membodohi
pelanggan dengan basa basi dan kebohongan sama saja sedang mengubur
perusahaan yang didirikannya, maka sangat aneh kalau ada pegawai sok
sokan dan membentak pelanggan.
Oleh karena itu maka tak berlebihan ketika beberapa motivator dunia mulai melirik tingkat kecerdasan spiritual pada pemimpin utama di sebuah perusahaan. Karena memberi pelayanan yang didasari oleh ketulusan hanya bisa dilakukan oleh para manajer dan direktur yang telah tercerahkan oleh sentuhan nilai spiritual.
Oleh karena itu maka tak berlebihan ketika beberapa motivator dunia mulai melirik tingkat kecerdasan spiritual pada pemimpin utama di sebuah perusahaan. Karena memberi pelayanan yang didasari oleh ketulusan hanya bisa dilakukan oleh para manajer dan direktur yang telah tercerahkan oleh sentuhan nilai spiritual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar