8/12/2012

Dalam kehidupan sehari-hari,kita sering tidak sadar diri. Tidak tau problem masalah yang sedang di hadapi,apalagi sampai penyelesaian masalah. Tidak jarang juga kita sering merasa putus asa dalam penyelesaian masalah tersebut dan melakukan hal-hal di luar batas kewajaran manusia.

Merubah Pola Pikir Ke Arah Yang Lebih Baik

August 12, 2012; repost : Mukhtar J.Poel

Yang di maksud merubah pola pikir adalah merubah cara pandang kita sebagai individu ciptaan Tuhan yang senantiasa diberi akal dan pikiran yang sehat untuk berpikir positif dalam segala hal yang dilakukannya. Ya, sebagai makhluk ciptaan Tuhan paling sempurna dibandingkan makhluk hidup lainnya seharusnya kita bisa me-manage pikiran kita sendiri. Tuhan telah menganugerahi kita akal dan pikiran guna menjadikan manusia memilah apa saja yang dilakukannya, namun jaman seperti sekarang ini rasanya manusia sudah kehilangan akal sehatnya. Sering kita mendengar terjadi pembunuhan, bunuh diri akibat putus cinta, bunuh diri karena usahanya collapse dan masih banyak contoh lain. Ini di akibatkan sudah menurunnya tingkat kewarasan akal sehat manusia. Manusia cendrung melakukan hal-hal yang tidak sewajarnya karena dianggap jalan pintas yang mereka anggap pantas dalam penyelesaian suatu masalah.


Untuk itu rubah cara pandang hidup kita dari sekarang, kita hidup di dunia ini tentu punya harapan dan tujuan kelak. Kita harus bisa mengintrospeksi diri kita sendiri, introspeksi diri yang meliputi mentalitas, percaya diri, dan menghargai diri sendiri. Mentalitas sangat berperan penting dalam hal ini yaitu sebagai dorongan dan benteng dalam diri. Di jamin apabila mental kita kokoh kita akan lebih bisa percaya diri dengan apa yang kita punya. Menghargai kemampuan diri juga sangat penting untuk di miliki setiap orang, siapa lagi kalau bukan diri kita sendiri yang menghargai kemampuan sendiri, kalau diri sendiri saja sudah tidak menghargai kemampuan dirinya, bagaimana dengan orang lain ?. Berawal dari diri sendiri ,dengan sendirinya orang lainpun akan menghargai kemampuan kita. Dan satu hal yang teramat sangat penting yang sering kali ditinggalkan yaitu selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya kepada-Nya lah kita berlindung. Dengan perlindungan Tuhan niscaya fikiran dan akal sehat kita tidak terpengaruh ke dalam hal-hal negatif. Manusia sering khilaf dikarenakan mereka jauh dari sang Pencipta.


Sekarang ini jarang sekali orang bisa melakukan hal-hal tersebut di atas. Dengan belajar seperti itu, kemungkinan besar masyarakat akan lebih bisa berpikir secara positif, berfikir maju dan lebih bisa memahami permasalahan suatu masalah, bahkan bisa menyelesaikan permasalahan yang sedang di hadapinya dengan tenang dan dilandaskan senantiasa mengingat Tuhan Yang Maha Esa. Lupakan masa lalu, Jalankan yang ada sekarang, dan Tatap masa depan.....

2 komentar: